Andi Site

Pages

Link Berkaitan

Tuesday, March 24, 2009

Cara Terbebas Dari Virus

Siapa sih diantara pengguna komputer yang ga tau virus??? tentunya kita pernah berhadapan dengan "makhluk" tersebut. virus ini dapat mengobrak-abri data kita, dan juga menggandakan diri sehingga membuat memori komputer kita menjadi sedikit, dan masih banyak lagi kerusakan yang ditimbulkan oleh " makhluk " satu ini. Untuk itu kita perlu mengantisipasinya, ya, dengan cara-cara sederhanana seperti dibawah ini:

1.  Pakai antivirus yang selalu terupdate, apapun antivirusnya usahakan anda selalu mengupdatenya.
2.  rajin-rajin men-scan komputer kita, kalau anda rasa ini agak berat, usahakan minimal anda        mengaktifkan autoprotect pada antivirus anda.
3. jangan sembarang meng-klik file yang meragukan, lebih baik anda eliti terlebih dahulu, dan pastikan bahwa itu memang file milik anda.
4.  selalu download dari situs yang anda percayai.

Langkah-langkah jika telah terinfeksi.
Memang dengan diinstal antivirus, anti spyware, firewall tidak menjamin akan terbebas 100% dari yang namanya virus. Jika masih tetap bisa ditembus walaupun sudah diantisipasi dengan berbagai cara, langkah selanjutnya coba yang ini :
- Deteksi dan tentukan letak sumber virus, apakah di flash disk, jaringan, email, dll. Jika terhubung ke jaringan, sebaiknya isolasi komputernya dulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internet dari control panel).
- Identifikasi dan klasifikasi jenis virus yang menyerang PC, dengan cara memperhatikan :
* Gejala yang timbul, misalnya pesan, file yang corrupt atau hilang dan sebagainya.
* Scan dengan antivirus yang ada. Jika komputer terinfeksi saat auto protect berjalan, berarti virus definition di dalam komputer tidak memiliki data virus ini. Coba update manual atau mendownload virus definitionnya dan instal ulang. Jika virus memblok usaha update, upayakan untuk menggunakan komputer lain dengan antivirus yang memiliki update terbaru. Jika tak mempan, gunakan alternatif antivirus lain yang dirasa lebih ampuh. Jangan terpancang/fanatik pada 1 antivirus saja.
* Terakhir, langkah terburuk nieh. Biasanya ini usaha yang ditakutin. Jika segala upaya tidak bisa lagi kamu lakukan, format ulang komputer kamu dan instal operasi yang baru. Ada baiknya dibackup dulu file yang dirasa penting.
yach, itu semua ga menjamin komputer anda terhindar sepenuhnya dari virus, tapi sedikit-tidaknya telah mengurangi angka korban oleh virus....

akan tetapi kalo anda benar-benar ingin terbebas dari virus, ada baiknya anda menggunakan produk OPEN SOURCE.....^_^





0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terkait

komentar terakhir