Andi Site

Pages

Link Berkaitan

Friday, March 13, 2009

cara mengembalikan dualboot (xp & ubuntu) menjadi singleboot (xp)

pasti banyak yang diantara kita kebingungan pas mau mengganti dual boot kita menjadi single boot kembali, soalnya kalo dihapus biasa, memang OS ubuntunya hilang, tapi, grubnya masih ada dan terus berusaha mencari OS ubuntu yang sudah hilang, sehingga komputer kita ngga bisa booting ke xp. kalo udah gini kan kita dibuat pusing jadinya, pengalamanku juga gitu, trus setelah nanya sana-sini, akhirnya kudapatkan juga solusinya, yaitu:

masuk ke menu start>mycomputer>klik kanan>properties>Advanced>StartUp and recovery>edit
nanti akan mucul Spt Ini di notepad anda:

[boot loader]
timeout=15
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partiti...
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WI... Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect
c:\wubildr.mbr="Ubuntu"

Hapus c:\wubildr.mbr="Ubuntu"
trus simpan.
klo mau hapus ubuntunya delete aja folder dimana ubuntu anda telah instal.

COBA

4 komentar:

rezagetsmart said...

tapi gmana caranya dari single boot menjadi dual boot ?

Andi said...

oh, itu akan jadi dual boot dengan sendirinya, kalau kita install Linux. Kalau kita instal Linux akan muncul grub. grub itu yang kita pakai untuk menentukan mau pilih windows atau linux

Anonymous said...

ga sama om beda

ni tampilan nya malah kya gini

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" /noexecute=optin /fastdetect

andi said...

coba aja lagi sekali bro....,maksudnya yang beda tuh apanya ya?? q kurang ngerti....perasaan sama tuh

Post a Comment

Artikel Terkait

komentar terakhir